News update:

BMKG: Selat Makassar Aman bagi Pelayaran

Kamis, 19 Januari 2012




Perairan di Selat Makassar aman bagi palayaran.


"Tinggi gelombang di Selat Makassar hingga 24 Januari 2012 hanya berkisar 0,5 hingga 0,25 meter dengan ketinggian gelombang signifikan mencapai 0, 75 meter. Sementara, kecepatan angin di perairan mencapai 2,5 knot sehingga kondisi ini aman bagi pelayaran," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Temindung Samarinda, Kalimantan Timur, Sutrisno, Rabu (18/1).

Selat Makassar merupakan jalur pelayaran dari Kota Makassar dan Parepare, Sulawesi Selatan, menuju Kota Balikpapan dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

"Beberapa waktu lalu gelombang di Selat Makassar cukup tinggi sehingga sangat rawan bagi pelayaran namun pada periode satu pekan kedepan jalur tersebut cenderung aman," kata Sutrisno.

Kondisi cuaca di sebagian wilayah Kaltim pada periode Januari hingga Februari 2012 cukup normal, yakni pada kisaran menengah hingga tinggi.

"Pada kondisi kisaran menengah, curah hujan hanya berkisar antara 100 hingga 300 mili meter per bulan dan pada kisaran tinggi curah hujan mencapai 300 sampai 400 mili meter per bulan," katanya.

Namun, pihak BMKG Bandara Temindung Samarinda lanjut Sutrisno belum bisa memprediksi kapan musin hujan akan berakhir.

"Musim hujan di Kaltim khususnya di Samarinda sudah mulai berlangsung sejak Oktober 2011 dan puncak musim hujan diperkirakan berlangsung pada Januari hingga Februari 2012. Namun, kami belum bisa memprediksi kapan musim hujan berakhir dan mulainya musim kemarau," ungkap Sutrisno. (Ant/Ol-3)

Share this Article on :
 

© Copyright Berita Makassar 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.