News update:

Walikota Makassar Ingin Pakai Mobil Esemka

Kamis, 05 Januari 2012




Mengikuti rekan sesama walikota, Joko Widodo. Walikota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin mengaku tertarik menggunakan mobil Kiat Esemka hasil rakitan siswa SMKN 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta. Ketertarikan Ilham ini disampaikan usai peluncuran dua buku karyanya, Rabu 4 Januari 2012.

"Jika memang betul–betul layak dan aman dipakai, kenapa tidak," kata Ilham Arif Sirajuddin di Wisma Kalla, Makassar.

Ketua harian PMI Makassar ini menambahkan, tiga alasan utama yang membuat ia tertarik untuk menggunakan mobil tersebut. Yakni soal harga yang murah, yakni sekitar Rp95 juta. Harga itu sejalan dengan standar efisiensi yang diterapkan Pemkot Makassar dalam hal penggunaan mobil dinas.

Alasan kedua, lanjut Ilham adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap karya anak bangsa, apalagi masih berusia di tingkat SMK. Sedangkan ketiga adalah untuk memupuk kemandirian anak bangsa dalam bersaing di kancah industri otomotif dunia.

"Ini adalah peluang untuk bisa memupuk kemandirian serta mencintai produk sendiri," ujar dia.

Ilham juga mengaku bangga dan memberi apresiasi luar biasa atas karya tersebut. Pasalnya siswa-siswa itu mampu merakit kendaraan tipe SUV dengan besutan mesin 1.500 cc. Mobil tersebut dinilai cocok dan cukup untuk mengelilingi Kota Makassar.

Oleh sebab itu, Ilham rencananya akan berkunjung ke Surakarta untuk melihat langsung mobil Kiat Esemka. Ia juga bermaksud menanyakan standar kelayakan yang dimiliki oleh mobil tersebut. Pasalnya, ia baru mendengar sesaat soal mobil Esemka, termasuk  kerjasamanya dengan pihak Kiat.

Jika memang mobil Kiat Esemka ternyata lulus standar dan masuk klasifikasi serta sudah diproduksi massal, maka plat merah DD 1 A yang sehari-hari digunakan Ilham Arief Sirajuddin di Daihatsu Terios, akan beralih ke mobil Kiat Esemka.

Sebelumnya, Walikota Solo, Joko Widodo telah memakai mobil Kiat Esemka untukmobil dinasnya. Selain itu, sejumlah anggota DPR RI juga telah memesan mobil ini untuk keperluan pribadi mereka.

Sumber : viva news
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Makassar 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.